Jumat, 23 Januari 2009

APIMONDIA


Apimondia (International Federation of Beekeepers’ Associations)sebagai organisasi para peternak lebah dengan arah nir laba akan menyelenggarakan konggres pada tahun 2009. Semua pihak yang berkenan hadir dipersilakan untuk melakukan aplikasi dalam kehadiran dimaksud dengan memilih event apa yang mau dihadiri (seperti pembawa makalah, lomba foto, pameran). Lokasi penyelenggaraan di Montpellier pada 15 - 20 September 2009.

Momen konggres Apimondia sangat menarik karena semua yang hadir manis-manis maksudnya madunya) dan semua hal tentang perlebahan di seluruh pelosok dunia akan ditampilkan. Hadir pada event tersebut sungguh sangat menyenangkan. Kami pernah hadir pada tahun 2003 di Durban, Afrika Selatan dan ikut lomba foto tentang lebah. Hasilnya kami memenangkan medali perak. Foto-foto tentang sunggau (cabang buatan) dari desa Simpang Rusa dan dan desa Tanjung Rusa Belitung sebanyak 5 (lima) pigura terpampang di antara foto-foto lebah-lebah yang sangat menawan. Ternyata apresiasi para utusan dari seluruh pelosok penjuru dunia angkat topi terhadap khasanah di Indonesia. Pada giliran kita untuk mengapresiasi.

Banyak hal kita bisa belajar dari para peternak lebah di berbagai belahan dunia. Kiblat perlebahan untuk Indonesia biasanya China. China akan hadir dengan segal pernak perniknya. Rusia juga tidak kalah hebohnya. Rata-rata negara dengan kiblat Rusia sangat maju dalam apiterapi. Sedangkan negara-negara Eropa dan Amerika Utara kuat pada penelitian dan pengembangan di kegiatan hulu perlebahan.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya

Mitra Smartbee